TARI SINGO BARONG, KESENIAN PRIMADONA DESA TAPEN BONDOWOSO JAWA TIMUR

Tari singo Barong merupakan salah satu kesenian tradisional yang sangat terkenal dan menjadi kebanggaan masyarakat Desa Tapen Bondowoso, Jawa Timur. Tari singo Barong ini hampir sama dengan Tari Singo Ulung, yang membedakan keduanya ialah asal tarian dan cerita yang terimplisit di dalamnya. Tari Singo Barong berasal dan dikembangkan di Desa Tapen Bodowoso, sedangkan Tari Singo Ulung ini berasal dari Desa Blimbing Bondowoso.

Menggunakan instrumen musik gamelan berbalut irama Jawa-Madura, Tari Singo Barong ini dulunya merupakan kesenian primadona bagi masyarakat Desa Tapen. Tak jarang bila banyak kalangan masyarakat yang menggandrunginya. Bukan hanya kalangan Bapak-bapak yang berperan dalam pertunjukkan Tari Singo Barang ini, akan tetapi, banyak pula anak-anak yang masih duduk di bangku SD yang turut langsung mengambil dan memainkan peran dalam pertunjukkan ini, mulai dari pemain Barong hingga menjadi pemain gamelannya.

Dahulu, masyarakat Desa Tapen sangat berantusias untuk membuat Singo Barong untuk ditampilkan. Mereka juga sangat giat untuk berlatih gamelan dan tari Barong. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, kesenian ini mulai terkikis oleh modernisasi yang membawa budaya kebarat-baratan ke kalangan kaula muda. Sehingga tak jarang bila generasi muda saat ini kurang meminati kesenian ini dan beralih pada budaya barat yang sedang trendy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas